Loading...

Friday, June 17, 2011

Panorama Desa Di Alam Persawahan Unuh

Suasana alam di desa umumnya memiliki pemandangan yang menawan, udara yang sejuk serta tingkat kebisingan yang jauh lebih kecil dibanding dengan di kota yang merupakan pusat kesibukan dan pusat polusi udara. Suasana di desa sangat tepat untuk kita gunakan sebagai tempat melepas penat disaat liburan.

Pemandangan alam desa pada umumnya terdiri dari barisan bukit, gunung yang menjulang, hamparan sawah bak permadani, aliran sungai dengan air yang jernih serta aktivitas para petani desa yang sibuk mengolah tanah mereka.

Panorama persawahan Unuh merupakan bukti nyata gambaran alam desa seperti di atas. Dengan letak yang jauh dari perkotaan, pemandangan di unuh ini memiliki udara yang sejuk dan nyaris sangat dingin. Pemandangan alam itulah yang menjadi daya tarik utama di Unuh ini. Terletak di desa Muncan, kabupaten Karangasem, Unuh berjarak sekitar 73 km dari bandara Ngurah Rai. Dan dapat ditempuh dengan perjalanan melalui Jalan By Pass Ngurah Rai dan Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra.

Letak yang tepat terdapat pada kaki gunung Agung membuat suasana alam pedesaan di Unuh semakin kental. Unuh merupakan wilayah persawahan penduduk di desa Muncan. Yang setiap musim bergilir ditanami dengan padi, jagung, kacang dan lain sebagainya. Adalah sebuah keajaiban dimana tempat yang sekitar tahun 1963 ini dilahap oleh banjir larva letusan gunung Agung dapat menjadi sumber mata pencaharian penduduk di desa ini. Kesejahteraan petani nya pun terjamin dengan luas areal persawahan yang begitu luas dan dapat ditanami beragam hasil pangan.

Wisatawan asing yang datang biasanya paling senang berfoto bersama sahabat atau keluarga mereka di pematang sawah di Unuh ini. Selain keasriannya, mungkin yang menjadi daya tarik lain adalah suasana gotong royong penduduk di areal persawahan yang kompak satu dengan yang lain yang mungkin tak dapat mereka temukan di tempat dimana mereka berasal. Wisata step over di Unuh ini sudah lama dikenal oleh para wisatawan asing yang datang berlibur. Buktinya adalah terdapat rumah – rumahan tradisional yang sudah tua yang terdapat di tengah – tengah areal persawahan. Tempat ini digunakan oleh wisatawan untuk sejenak bersantai menikmati hawa dan suasana desa di Unuh. Para petani yang lalu lalang pun tampak begitu ramah pada wisatawan.

Setiap kali sesaat menjelang musim panen tiba, dominasi warna hijau pada saat musim tanam akan berubah menjadi dominasi warna kuning yang menyejukkan. Sebaliknya aliran air yang mendominasi pada musim panen tidak akan terlalu mendominasi jika kita lihat pada musim tanam. Kenampakan – kenampakan inilah yang dapat saya simpulkan menjadi sajian lain suasana alam persawahan di Unuh.

Nah, jika anda tertarik sempatkanlah waktu berlibur anda untuk datang ke Unuh. Di sini adalah surga bagi mata anda yang mendambakan kejernihan dan keindahan. Sempatkanlah juga untuk berkunjung ke Hotel Putung sebagai tempat peristirahatan anda yang letaknya tak jauh dari wisata Unuh ini dan juga Restoran & Bar Bukit Putung sebagai tujuan wisata kuliner anda.

Unuh on Map


Lihat Peta Lebih Besar

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More